Sebelum Akhir Tahun, Realisasi APBD Sulsel Ditarget Lampaui Angka Nasional

Senin, 30 November 2020 19:19

Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Wilayah Sulsel, Sudarmanto

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Wilayah Sulsel, Sudarmanto mengaku optimis realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sulsel akhir 2020 mampu melampaui angka nasional yakni 90 persen.

“Saya optimis seperti tahun lalu di mana Sulsel bisa melampaui target nasional,” ucapnya.

Pengakuan itu berdasarkan data yang menunjukkan bahwa tingginya angka belanja pegawai yang wajib dibayar, begitupun dengan belanja barang, belanja modal dan belanja lain-lain yang juga harus direalisasikan.

“Jumlah realisasi belanja pegawai cukup tinggi yaitu 87,59 persen, belanja barang juga sudah tinggi. Hanya belanja modal yang walaupun 67,8 persen tapi dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sampai saat ini kita sudah terhitung tinggi,” kata Sudarmanto, pada Senin (30/11/2020).

“Kita masih ada sekitar 2.700 kontrak lagi yang harus dibayar dan akan mencapai realisasi belanja modal mencapai 95 persen,” lanjutnya.

Ia menjelaskan secara umum tingkat realisasi belanja negara pada triwulan III mencapai 69,42 persen atau di atas target 60 persen.

Namun, hingga kini progres realisasi sudah menunjukkan angka 82,91 persen, kendati masih berada di bawah target nasional akhir tahun 2020 yakni 90 persen.

“Kalau target 90 persen, kita (Sulsel) tinggal 8 persen lagi, tapi biasanya untuk Sulsel bisa di atas 93 persen,” bebernya.

Misalnya, kata dia, Sulsel menargetkan angka realisasi APBN sebelum akhir tahun sebesar 95 persen, maka tinggal 13 persen yang harus dikejar dengan sisa waktu kerja dua bulan yaitu November dan Desember. (Anti/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI