Debat Pamungkas Pilwakot Makassar, KPU Siapkan Pertanyaan Rahasia ke Paslon

Selasa, 1 Desember 2020 14:53

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar akan kembali menghadirkan kejutan dalam debat terakhir Pemilihan Walikota (Pilwakot) 4 Desember mendatang.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar akan kembali menghadirkan kejutan dalam debat terakhir Pemilihan Walikota (Pilwakot) 4 Desember mendatang.

Komisioner KPU Makassar Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat (Parmas), dan Pendidikan Pemilih, Endang Sari, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan pertanyaan rahasia ke tiap Paslon yang akan dijawab jelang debat selesai.

Kata Endang, closing statement dalam dua tahap gelaran debat sebelumnya akan diganti dengan pertanyaan rahasia ini. Ia juga memastikan pernyataan tersebut tidak akan bocor ke Paslon.

“Nanti di debat terakhir ada pertanyaan kunci. Akan dirahasiakan pertanyaannya. KPU Makassar akan titip ke moderator yang kemudian menyampaikan ke tiap paslon,” ungkap Endang, Senin (30/11/2020) malam.

Sementara, debat ketiga Pilwakot Makassar akan kembali digelar di Jakarta. Padahal sebelumnya KPU menjadwalkan dilaksanakan di Makassar.

Namun, alasan keamanan dan pandemi Covid 19 sehingga pihak keamanan dalam hal ini Kapolrestabes Makassar tidak memberikan izin.

“Hasil kajian dari penanggungjawab keamanan kota ini, tidak memberikan kami ruang untuk menggelar debat di Makassar,” ungkap Endang.

Untuk keamanan, Endang mengatakan, sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan stasiun tv. Bahkan pengamanan berlipat sudah disiapkan untuk memastikan debat bisa berjalan dengan kondusif.

“Keamanan sudah menjadi prioritas kita, kami sudah antisipasi itu dengan koordinasi dengan pihak kepolisian dan stasiun tv. Bahkan Kapolrestabes Makassar menyampaikan secara lisan untuk ikut mengawal,” tuturnya.

Komentar