Videonya Viral… Pendemo yang Menolak Kedatangan HRS Berhamburan Dikejar Massa

Selasa, 1 Desember 2020 18:16

Suasana saat massa membubarkan demo penolakan HRS.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Puluhan orang melakukan aksi unjuk rasa di depan Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Selasa siang (1/12/2020).

Dalam orasinya, mereka menolak kedatangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab (HRS) ke kota berjuluk Anging Mammiri ini.

Kedatangan HRS ditolak di mana sebelumnya pernah dikabarkan akan datang ke Makassar untuk safari dakwah. Meski begitu, kabar kedatangan itu tak ada kepastian, ditambah isu HRS terinfeksi Covid-19 masih menyeruak.

Dalam aksi itu, massa yang mengaku berasal dari beberapa aliansi itu membentangkan spanduk di depan Monumen Mandala. Arus lalu lintas di sana sempat terganggu.

“Kami masyarakat Sulsel tidak takut perang. Tapi kami lebih cinta perdamaian. #tolakRS,” tulis tuntutan massa aksi dalam aksinya.

Sejumlah aparat kepolisian pun sempat menjaga aksi tersebut. Namun, beberapa saat ketika aksi berjalan, sejumlah massa lain datang membubarkan aksi itu.

Mereka bahkan mengejar massa yang sempat menahan sebuah truk untuk melakukan orasi. Para pendemo pun berhamburan menyelamatkan diri.

Video terkait pembubaran aksi tersebut pun viral di media sosial. Belum ada penjelasan resmi dari aparat kepolisian Polsek Ujung Pandang atas kejadian ini. (ishak/fajar)

Komentar