Fadli Zon: Benny Wenda Jelas-jelas Sudah Nantang RI, Kok Masih Sibuk Urus HRS?

Ketua Eksekutif United Liberation Movement For Wets Papua (ULMWP) Benny Wenda. (dok ULMWP For Cepos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Tokoh Papua Barat, Benny Wenda mengumumkan dirinya sebagai presiden interim Papua Barat. Benny Wenda diangkat sebagai presiden oleh Organisasi United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

“Hari ini, kami mengumumkan pembentukan Pemerintahan Sementara #WestPapua. Mulai hari ini, 1 Desember 2020, kami mulai menerapkan konstitusi kami sendiri dan mengklaim kembali tanah kedaulatan kami,” tulis Benny Wenda di twitternya, Selasa (1/12).

Deklarasi Benny Wenda sebagai Presiden Papua Barat ini tepat pada 1 Desember di mana merupakan hari kemerdekaan Papua Barat dari pemerintahan penjajah Belanda pada tahun 1961 silam.

Merespon itu, Anggota DPR RI Fadli Zon berharap pemerintah dan aparat TNI segera bertindak. Sebab deklarasi kemerdekaan itu telah jelas-jelas menantang Republik Indonesia.

“P ⁦@Jokowi⁩, P@mohmahfudmd⁩ , Panglima TNI, Kapolri, Benny Wenda jelas-jelas sudah nantang RI. Kok masih sibuk urus HRS?” tulis Fadli Zon di akun twitternya, Rabu (2/12).

Menurut ULMWP, pembentukan pemerintah sementara Papua Barat bertujuan untuk memobilisasi rakyat West Papua yang mencakup Provinsi Papua dan Papua Barat, untuk mewujudkan referendum menuju kemerdekaan.

Dalam keterangan ULMWP, pemerintah sementara yang dipimpin Benny Wenda berhak membuat deklarasi kemerdekaan sepihak dalam waktu dekat, atas nama rakyat Papua Barat.

ULMWP sendiri merupakan koalisi dari berbagai faksi politik yang berjuang untuk kemerdekaan selama bertahun-tahun. (fin)

Komentar


KONTEN BERSPONSOR