Rumah Penyuap Edhy Prabowo Digeledah, Ini Temuan KPK

Rabu, 2 Desember 2020 18:49

IUSTRASI. KPK

FAJAR.CO.ID — Suharjito, tersangka penyuap Menteri Kelautan dan Perikanan (nonaktif) Edhy Prabowo, kini sedang dalam penyidikan. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahkan telah menggeledah rumahnya, Selasa (1/12/2020).

Sejumlah barang bukti disita dari rumah Direktur PT Dua Putra Perkasa Pratama (DPPP) itu. “Penggeledahan dilakukan dari pukul 15.00 WIB sampai dengan sekitar jam 00.00 WIB,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangan yang diterima, Rabu (2/12).

Ia mengatakan, pihaknya juga melakukan penggeledahan di kantor dan gudang PT DPP.

Penggeledahan ini terkait dengan kasus suap terkait perizinan tambak, usaha, dan atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya pada 2020.

Dari penggeledahan tersebut tim mengamankan dokumen terkait ekspor benih lobster, dokumen transaksi keuangan yang diduga terkait dengan dugaan pemberian suap dan bukti-bukti elektronik lainnya.

“Seluruh barang dan dokumen yang ditemukan dan diamankan selanjutnya akan dianalisa dan kemudian segera dilakukan penyitaan,” katanya. Fikri menambahkan, pihaknya mengedepankan prosedur hukum saat melakukan penggeledahan.

Selama proses penggeledahan, pihak KPK didampingi pihak-pihak yang berada di kediaman dan kantor PT DPPD.

KPK terus melakukan pengembangan terkait kasus suap ekspor benih lobster. Sebelumnya, penyidik telah melakukan penggeledahan di kantor KKP hingga kantor PT ACK. Adapun, KPK menetapkan 7 orang tersangka dalam kasus dugaan suap terkait perizinan tambak, usaha, dan atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya pada 2020. (JPNN)

Komentar