Benny Wenda: Sangat Penting bagi Australia Memainkan Peran Besar

Kamis, 3 Desember 2020 10:43

Ketua Eksekutif United Liberation Movement For Wets Papua (ULMWP) Benny Wenda. (dok ULMWP For Cepos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden sementara Papua Barat, Benny Wenda mengatakan pihaknya membutuhkan peran pemain besar seperti Australia dalam memuluskan referendum.

Seperti diketahui, Gerakan Persatuan Kemerdekaan Papua Barat (ULMWP) telah mendeklarasikan kemerdekaannya dari Indonesia, Selasa (1/12/2020).

ULMWP telah mengangkat Benny Wenda, yang merupakan tokoh kemerdekaan Papua Barat yang berada di pengasingan di Inggris sebagai presiden sementara Papua.

“Ini hari yang sangat penting bagi rakyat saya. Kami sekarang memulihkan kedaulatan kami dan pemerintah sementara kami di Papua Barat,” kata Benny Wenda, dilansir SBSnews.

Benny Wenda mengatakan dengan berdirinya pemerintahan sementara tersebut, Provinsi Papua Barat tidak akan tunduk kepada Pemerintah Indonesia.

“Dengan kemerdekaan ini, kami tidak mematuhi aturan dan hukum Indonesia yang diberlakukan kepada kami saat ini,” lanjutnya.

Benny Wenda juga secara terang-terangan meminta dukungan dari pemerintah Australia untuk memuluskan upaya meraih kemerdekaan dari Indonesia.

“Papua Barat menghadapi krisis dan kami membutuhkan pemain besar seperti Australia untuk mendukung kami. Sangat penting bagi Australia untuk memainkan peran besar,” jelas Benny Wenda.

Pengacara Australia Jennifer Robinson, yang mendirikan Pengacara Internasional untuk Papua Barat, mengatakan deklarasi tersebut adalah awal dari jalan Papua Barat menuju kemerdekaan.

“Tujuannya adalah mereka akan menjalankan kekuasaan untuk mengatur diri mereka sendiri dan mengatur diri mereka sendiri di Indonesia, ini adalah awal dari apa yang saya pikir akan menjadi jalan mereka (Papua) menuju kemerdekaan,” katanya.

Komentar