CRC: Elektabilitas ADAMA 45,9%, Appi-Rahman 35,2%

Kamis, 3 Desember 2020 14:34

DEKLARASI. Pasangan bakal calon Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan wakilnya Fatmawaty Rusdi menggunakan kapal phinisi yang berlayar di sepanjang Pantai Losari, Kamis, 3 September. (ABE BANDOE/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Satu pekan lagi pesta demokrasi Pemilihan walikota dan wakil walikota Makassar 2020 bakal dihelat. Presentasi elektabilitas empat pasangan calon pun dijabarkan secara gamblang.

Lembaga riset Celebes Research Center (CRC) merilis hasil survei cepat terhadap empat pasangan calon Pilwalkot Makassar 2020, di Grand Maleo Hotel Makassar, Kamis (3/12/2020).

Hasilnya, paslon nomor urut 01 Danny-Fatma tercatat unggul dengan perolehan 45,9 persen, disusul Appi-Rahman 35,2 persen, DILAN 9,6 persen dan Irman-Zunnun 6,6 persen. Sementara responden yang belum menentukan pilihan sebanyak 2,7 persen.

Survei CRC dilaksanakan pada 23-28 November menggunakan teknik multistage random sampling terhadap 1.000 orang responden. Para responden merupakan penduduk asli Kota Makassar yang memiliki hak pilih.

“Jika pemilihan dilakukan pada hari ini, maka hasil dari pemilihan Wali Kota Makassar hasilnya seperti ini. Atau paling tidak mengerucut pada dua paslon yang akan bersaing ketat,” kata Muhammad Nur Hidayat, Manajer Riset CRC.

Hidayat juga menjelaskan, di sisa waktu yang sangat singkat ini, untuk meningkatkan atau mempertahankan elektabilitas, mau tidak mau paslon harus memaksimalkan 10 kali lipat kerja-kerjanya.

“Selain itu untuk mengubah kemungkinan pilihan masyarakat adalah dengan menawarkan program nyata dan mengena dengan situasi yang dialami masyarakat saat ini,” tuturnya. (endra/fajar)

Komentar