Demi Menangkal Hoaks, YouTube Luncurkan Panel Informasi Cek Fakta

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID — YouTube resmi meluncurkan panel informasi cek fakta di Indonesia, baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Panel informasi cek fakta itu diharapkan dapat membantu pengguna membuat penilaian yang lebih cerdas dan memerangi hoaks serta disinformasi yang banyak beredar.

Panel informasi cek fakta itu juga telah tersedia di Brasil, India, Jerman, Inggris, dan Amerika Serikat. Tim Katz, director head of news partnerships YouTube menyampaikan, peluncuran fitur baru panel cek fakta itu merupakan salah satu wujud dari komitmen YouTube untuk meningkatkan pengalaman mendapatkan berita, melawan misinformasi dan disinformasi di platform YouTube.

Dia melanjutkan, semakin banyak orang datang ke YouTube untuk mendapatkan berita dan informasi. Baik mendapatkan kabar terbaru tentang suatu pemilihan umum, mendapatkan berbagai perspektif tentang suatu topik, atau mengetahui tentang peristiwa breaking news dengan waktu menonton konten seputar berita otoritatif meningkat lebih dari 75 selama tiga bulan pertama tahun 2020 di seluruh dunia.

’’YouTube paham akan pentingnya memberikan informasi tepercaya dari sumber berita otoritatif kepada masyarakat Indonesia. Itulah sebabnya selama beberapa tahun belakangan, kami terus bekerja keras untuk meningkatkan pengalaman penonton dalam mendapatkan berita aktual dan dari sumber otoritatif; baik dari ketersediaan Breaking News dan Berita Teratas (Top News) di halaman beranda YouTube, hingga panel informasi cek fakta ini,” ungkapnya melalui keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.Di mana masyarakat Indonesia dapat melihat panel informasi cek fakta

Komentar


KONTEN BERSPONSOR