Konsumsi Kunyit Campur Temulawak, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Kamis, 3 Desember 2020 12:03

Minuman kunyit dipercaya bisa memberikan khasiat bagi kesehatan. (Organic Facts)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kunyit adalah bumbu kuning-oranye cerah yang biasa digunakan dalam kari dan saus. Itu berasal dari akar kunyit. Kunyit telah digunakan sebagai obat, antioksidan, dan sifat anti-inflamasi selama ribuan tahun.Nah, apa jadinya jika kunyit dan temulawak dicampur menjadi sebuah minuman?Hal ini tentunya akan memberikan manfaat terhadap kesehatan tubuh Anda. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Mengatasi masalah sistem pencernaan

Manfaat temulawak yang pertama adalah merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu. Tentu saja hal ini membantu pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh.

Tidak hanya itu, menurut para ahli, temulawak juga bermanfaat untuk mengatasi perut kembung, membantu pencernaan yang tidak lancar, dan meningkatkan nafsu makan.

  1. Bersifat antioksidan

Antioksidan berperan untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dipercaya sebagai sumber dari berbagai penyakit. Kunyit dan temulawak dipercaya sebagai agen antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas karena struktur kimia yang ada di dalamnya. Selain itu, kunyit dan temulawak juga bisa meningkatkan aktivitas enzim antioksidan yang ada di dalam tubuh.

  1. Bersifat anti-inflamasi

Peradangan bisa merusak tubuh. Para ilmuwan percaya peradangan merupakan akar dari sejumlah penyakit kronis seperti jantung, kanker, dan masih banyak lainnya. Temulawak dan kunyit diketahui bisa melawan peradangan dengan sifat anti-inflamasi yang dimiliki.

Komentar