Kontak Erat Anies Baswedan, 5 Orang Positif Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wagub DKI Ahmad Riza Patria. Foto: arsip jpnn.com/Ricardo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Dinas Kesehatan DKI Jakarta, menyebutkan 437 orang di lingkungan kegiatan Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria telah mengikuti tes usap PCR setelah duo pemimpin ibu kota dinyatakan positif terjangkiti COVID-19.

“Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta dan jajaran langsung melakukan pelacakan kontak. Hingga Selasa (1/12) kemarin, kami di Dinkes DKI Jakarta dan jajaran telah mencatat 158 orang telah dilakukan tes usap dari kontak erat Gubernur dan 279 orang telah dilakukan tes usap dari kontak erat Wakil Gubernur,” ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti melalui keterangan tertulis, Rabu (2/12).

Widyastuti mengungkapkan Anies dan Riza selama ini telah rutin menjalani tes usap PCR minimal satu hingga dua minggu sekali sehingga relatif bisa terdiagnosis secara dini sehingga mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat.

Selain itu, Widyastuti juga menyebut pelacakan kontak menjadi lebih cepat dilakukan setelah dikonfirmasi positif. Ia juga mengapresiasi peran serta masyarakat yang aktif melapor langsung ke Puskesmas untuk dilakukan tes usap PCR bila berstatus kontak erat dengan Anies maupun Riza.

“Sesuai dengan definisi dari Kemenkes bahwa kontak erat adalah orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau konfirmasi COVID-19. Jadi pelacakan kontak yang kami lakukan bukan menyatakan siapa yang tertulari dari Gubernur maupun Wakil Gubernur, tetapi siapa saja yang tertulari bersama Gubernur dan Wakil Gubernur,” kata dia.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR