Mahasiswa Demo Tuntut Kemerdekaan Papua di Surabaya, Ini Reaksi Netizen

Kamis, 3 Desember 2020 10:20

Mahasiswa Papua di Surabaya demo tuntut Papua Merdeka

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Video aksi demonstrasi mahasiswa di Surabaya Jawa Timur menuntut kemerdekaan Papua viral di media sosial.

Dalam video itu, tampak belasan orang long march sambil membawa bendera organisasi dan membentangkan spanduk penolakan Otonomi Khusus (Otsus) Papua Jilid 2.

Sebagian peserta demo mengenakan pakaian adat Papua. Mereka long march sambil meneriakkan ‘Papua merdeka’.

“Ada demo di Surabaya tuntut kemerdekaan Papua. Entar lagi ada nenek nenek yang bawa karung mungutin KOTEKA,” tulis akun @RomitsuT yang membagikan video tersebut.

Pemilik akun @LisaAmartatara3 turut membagikan video tersebut. Ia mempertanyakan sikap aparat yang terkesan diam melihat seruan Papua Merdeka.

“Kok diam aja ada demo seperti ini @DivHumas_Polri? Apa karena kurang bawa Baliho Habib Rizieq Shihab ya. NKRI harga mati harusnya di Papua sana yang 90% milih Pak @jokowi,” tulisnya.

Rayakan Kemerdekaan Papua

Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP) menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (1/12). Mereka juga merayakan proses deklarasi kemerdekaan Papua.

Rubi Wonda, jubir aksi mengatakan, 1 Desember adalah hari kemerdekaan bangsa Papua.

Kemerdekaan dirayakan dengan demonstrasi di seluruh Indonesia dan Papua untuk mengingatkan proses deklarasi kemerdekaan.

”Bangsa West Papua telah mendeklarasikan kemerdekaan pada 1 Desember 1961. Namun Pemerintah Republik Indonesia tidak mengakuinya,” ujar Rubi dalam keterangan tertulisnya, seperti dilansir Jawa Pos, Rabu (2/12).

Bagikan berita ini:
3
3
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar