Survei CRC Unggulkan ADAMA, Fadli Noor: Ingat di Pilkada Wajo dan Takalar Pernah Meleset 20%

Kamis, 3 Desember 2020 18:43

Fadli Noor

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Lembaga riset Celebes Research Center (CRC) merilis hasil survei cepat terhadap empat pasangan calon Pilwalkot Makassar 2020.

Hasilnya, survei kedua CRC untuk Pilkada Makassar 2020 lagi-lagi mendudukkkan paslon nomor urut 01 Danny-Fatma di posisi teratas dengan perolehan 45,9 persen, disusul Appi-Rahman 35,2 persen, DILAN 9,6 persen dan Irman-Zunnun 6,6 persen. Sementara responden yang belum menentukan pilihan sebanyak 2,7 persen.

Menanggapi hasil survei tersebut, kubu Appi-Rahman melalui juru bicaranya, Fadli Noor menyatakan, pihaknya tidak terlalu peduli dengan survei yang dikeluarkan lembaga tersebut.

“Kami tidak menyoal apapun hasil yang disajikan oleh CRC karena Pilkada Wajo dan Pilkada Takalar yang lalu pernah meleset lebih dari 20% dari angka yang disajikan,” kata Fadli, Kamis (3/12/2020).

Menurutnya, ada beberapa publikasi hasil riset lembaga survey yang digunakan Appi-Rahman dalam mengukur tingkat elektabilitas. Tapi tidak dengan CRC.

Hasil survei adalah bahan kajian untuk mengukur progress upaya elektoral dan merumuskan tahapan strategi. Keliru menggunakan kajian survei akan terjerumus dalam kesesatan opini elektoral.

“Kami cenderung mengamini publikasi riset Roda Tiga Konsultan yang mengukur secara longitudinal dalam 4 kali survei sejak Agustus hingga pertengahan November. Informasi secara kontinyu tentu lebih layak dipercaya daripada informasi yang insidentil,” tegas Ketua PSI Sulsel itu.

Komentar