Golkar di Era Taufan Pawe, Pengamat Politik Unhas: Kejayaan Partai Ada di Depan Mata

Jumat, 4 Desember 2020 10:50

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Golkar Sulsel dengan militansi kuat. Dinahkodai Taufan Pawe yang bertekad mengembalikan kejayaan Golkar di kancah perpolitikan.

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Armin Arsyad menilai, prestasi dan pengalaman dalam dunia politik Taufan Pawe (TP) akan mampu mengembalikan kejayaan Golkar seperti pada masa orde baru. Tentu akan meningkatkan suara Golkar dalam setiap helat politik.

“Saat ini, pilihan Golkar Pusat maupun Kabupaten/Kota tidak salah. TP punya jiwa kepimpinan yang bisa mengarahkan Golkar pada peningkatan suara. Buktinya, ia mampu memimpin Kota Pare-pare selama dua periode,” ungkapnya.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Unhas ini juga mengakui kemampuan seni berpolitik Taufan Pawe. Menurutnya, TP mampu mengakomodasi berbagai friksi dan kepentingan yang disinergikam menjadi kekuatan besar.

“Saya melihat Wali Kota Pare-pare ini menerapkan teori Win Win Solution, yakni keputusan harus menguntungkan semua pihak walaupun sulit. Beliau tidak terburu-terburu mengambil keputusan meski di tengah kontroversi,” jelasnya.

Tak jauh berbeda, Pengamat Politik Unhas lainnya, Andi Ali Armunanto mengatakan, Taufan Pawe punya kapasitas yang bisa membawa Golkar berjaya, terutama dengan kemampuan managerial yang baik.

Namun tantangannya, kata Ali, sapaan karibnya, Taufan Pawe selaku Ketua DPD I Golkar Sulsel harus mampu melakukan konsolidasi secara internal, utamanya bagi kubu yang belum sepenuhnya mendukung dan akan menghalangi langkahnya ketika tidak terjadi kompromi yang baik.

Komentar