Jawab Tudingan FPI, Ini Penjelasan Brigjen Awi Soal Kasus Denny Siregar, Abu Janda hingga Ade Armando

Jumat, 4 Desember 2020 22:07

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Awi Setiyono. (FOTO: ANTARA)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Front Pembela Islam (FPI) meminta polisi berlaku adil, termasuk mengusut sejumlah kasus influencer pendukung rezim pemerintah Presiden Joko Widodo seperti Denny Siregar, Abu Janda, hingga Ade Armando yang hingga kini belum tuntas.

Atas permintaan itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono mengatakansetiap kasus memiliki penanganan yang berbeda sehingga tidak dapat dibandingkan proses cepat atau lambat.

“Saya sampaikan case per case tidak sama. Jangan dilihat dari cover-nya saja. Mungkin pasal boleh sama, tapi dalam penanganan kasus, kami semua dari proses penyelidikan ke penyidikan itu berproses,” kata Awi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Jumat (4/12/2020).

Awi menyebutkan salah satu contoh soal penanganan kasus Denny Siregar yang terus berproses di Polda Jawa Barat diklaim menghadapi sejumlah kendala.

Kendati demikian, Awi memastikan polisi bakal profesional dalam menangani setiap kasus-kasus yang ada. Menurutnya, publik juga perlu memahami kendala yang dihadapi penyidik sehingga penanganan suatu kasus tak dapat terselesaikan dengan cepat.

“Misal terkait saksi, sampai sekarang belum terpenuhi. Orang-orang yang ada di dalam gambar (yang diunggah Denny Siregar) itu sampai sekarang masih dicari,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar menyinggung sejumlah kasus-kasus yang ditangani kepolisian sarat dengan kriminalisasi. Menurut dia, penanganan yang cepat tanggap tidak terlihat dalam pengusutan sejumlah kasus.

Komentar