Konsumsi Air Akar Alang-alang, Ini 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

Jumat, 4 Desember 2020 09:36

Ilustrasi akar alang-alang. Foto: Pixabay

FAJAR.CO.ID — Alang-alang merupakan jenis rumput yang hidup bebas di alam. Manfaat alang-alang biasanya menjadi gulma pada lahan pertanian.

Nah, ternyata minum air rebusan akar alang-alang bisa memberi manfaat kesehatan juga.

Cara membuatnya yakni dengan menyiapkan akar alang-alang sebagai bahan utama. Kamu bisa membelinya di pasar, setelah mendapatkannya, segera cuci akar alang-alang.

Setelah akar di cuci, segeralah siapkan air sesuai kebutuhan, lebih banyak lebih baik dan didihkan.

Setelah air mendidih, masukkan akar alang-alang beberapa saja, tekuk akar dan masukkan ke dalam air rebusan. Godok hingga air berubah menjadi kuning, menandakan sari keluar.

Setelah air sudah menguning, kamu bisa siapkan gula batu.

Air akar alang-alang segera masukkan ke dalam termos. Jika ingin langsung meminumnya, masukkan gula batu sesuai selera dan tuang air sarinya, aduk-aduk.Air akar alang-alang siap untuk di minum dan rasakan khasiatnya.

Berikut manfaat lain akar alang-alang untuk kesehatan, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Sebagai obat asma

Akar alang-alang memang terkenal banyak khasiatnya. akar alang-alang merupakan salah satu obat tradisional untuk mengobati penyakit asma.

Cara membuat ramuan ini adalah dengan merebus 100 gram akar alang-alang, 50 gram sirih, 50 gram kencur. Selanjutnya seduhlah menggunakan 200 mililiter air, setelah itu rebus hingga tinggal 100 mililiter air.

Komentar


VIDEO TERKINI