LPSD: Waspadai Tiga Momentum Persebaran Covid-19

Jumat, 4 Desember 2020 20:49

ILUSTRASI

Fajar.co.id, Makassar – Lembaga Penelitian Sosial dan Demokrasi (LPSD) menilai bahwa tingginya kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir disebabkan oleh kesadaran masyarakat yang sudah mulai menurun. Padahal, situasi masih darurat dan Covid-19 belum dapat dikendalikan.

“Virus belum bisa dikendalikan, dan masyarakat sudah seperti menganggap Covid-19 sudah berlalu. Makanya banyak yang tidak pakai masker. Sementara Indonesia ini masih darurat,” kata peneliti LPSD, Abd Haris Zainuddin kepada fajar.co.id, Jumat (12/4/2020).

Haris mengatakan, Indonesia akan menghadapi tiga momentum yang krusial dan sangat potensial menjadi klaster penyebaran Covid-19 yaitu Pilkada serentak yang akan digelar pada 9 Desember, libur cuti bersama, libur natal dan tahun baru, serta awal tahun di mana sekolah seluruh Indonesia akan mulai dilaksanakan pembelajaran tatap muka.

“Beruntung libur cuti bersama sudah dihapuskan oleh Pemerintah, tetapi kan masih ada Pilkada dan pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan awal tahun depan,” papar alumni Pascasarjana UNM ini.

LPSD menilai pentingnya publik memiliki kesadaran bersama, bahwa kondisi kita sepenuhnya belum lepas dari situsi darurat. Oleh karena itu, publik harus tetap menjaga keselamatan diri dan orang lain dengan senantiasa di rumah saja dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Yakni tetap patuh melaksanakan 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Komentar