Sehari 8 Ribu Kasus Covid-19

Jumat, 4 Desember 2020 15:16

Ilustrasi ruang isolasi di sebuah rumah sakit untuk pasien Covid-19. Pertambahan kasus Covid-19 per hari masih tinggi dan pada Kamis (3/12) terjadi rekor tertinggi (Moch Asim/Antara)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pertambahan harian kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi. Bahkan, pada Kamis (3/12) terjadi rekor pertambahan harian yakni 8 ribuan kasus. Ini jelas mempengaruhi kapasitas ketersediaan tempat tidur di rumah sakit.

Kondisi seperti ini sempat terjadi sebelumnya di Indonesia pada September lalu saat ketersediaan ruang ICU dan isolasi juga menipis.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan mengacu pada data RS secara online dan Kementerian Kesehatan, saat ini secara nasional rasio pemanfaatan tempat tidur isolasi dan ICU Covid-19 per 1 Desember 2020 adalah 57,97 persen. Artinya ketersediaan tempat tidur sisa sekitar 40 persen.

Provinsi dengan keterisian tempat tertinggi adalah Jawa Barat sebesar 77 persen. Sedangkan terendah di Maluku Utara 10 persen.

“Antisipasi yang telah dirancang jika terjadi lonjakan kasus sudah disiapkan untuk memastikan pelayanan kesehatan masyarakat bisa terjamin apapun situasinya,” tegas Prof Wiku dalam konferensi pers virtual, Kamis (3/12).

Jika kasus terus melonjak, Kemenkes, kata Prof Wiku, telah membuat sebuah rekayasa pelayanan kesehatan sesuai besar lonjakan kebutuhan tempat tidur yang tinggi. Yaitu jika terjadi kenaikan kasus sebesar 20-50 persen maka pelayanan masih beroperasi tanpa perubahan apapun.

“Karena dasarnya RS masih dapat menampung. Namun, jika terjadi kenaikan kasus 50-100 persen, maka faskes akan tambah kapasitas ruang perawatan umum menjadi ruang perawatan Covid-19 bisa di dalam gedung, lantai, atau blok yang ada sehingga bisa menambah kapasitas ruang rawat inap untuk Covid1-19,” katanya.

Komentar