Elektabilitas Danny-Fatma Masih Berpotensi Bertambah, Ini Analisis Lembaga Survei Mereka

Sabtu, 5 Desember 2020 18:04

Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar, M Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) tampil lebih rileks dalam debat publik putaran ketiga Pilkada Makassar yang berlangsung di Jakarta, Jumat (4/12/2020).

“Jika disinkronkan dengan temuan kita di survei kemarin bahwa masih ada sekitar 18,5 persen pemilih yang masih mungkin mengubah pilihannya nanti. Bisa jadi mereka itu menunggu debat ketiga,” demikian Nur Hidayat.

Dengan elektabilitas sebesar 45,9 persen saat ini (versi survei CRC) ditambah peluang untuk panen dukungan tambahan membuat pasangan Danny-Fatma bisa semakin melejit di detik-detik akhir jelang pemungutan suara, 9 Desember mendatang.

Meski unggul di survei terbaru, dan elektabilitasnya mengalami kenaikan hingga 5% dari survei sebelumnya, namun baik Danny maupun Fatma tetap mengingatkan segenap tim, relawan dan simpatisan untuk tidak lengah sedikit pun.

Bagi pasangan representasi perempuan ini, dukungan dan suara rakyat harus dikawal baik. Tidak membiarkan ada kecurangan terjadi. Karena itu, di sisa waktu yang ada harus fokus menjaga basis masing-masing, dan mengawasi praktik kecurangan. (RLS)

Komentar