Pengamat: Totalitas Bupati Pangkep Buka Peluang AIZ-Risma Menang Kian Besar


FAJAR.CO.ID, PANGKEP— Pengaruh elektoral Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid diprediksi sangat menguntungkan paslon yang didukungnya di Pilkada Pangkep.

Hal itu disampaikan Direktur Profetik Institute, Asratillah bahwa pihaknya menilai peluang besar untuk menang ada di paslon yang mendapat dukungan penuh dari Syamsuddin Hamid sebagai bupati dua periode di Kabupaten Pangkep.

“Tidak bisa dipungkiri pengaruh elektoral Bupati yang menjabat masih besar dalam sebuah kontestasi politik. Paling tidak, bupati biasanya menyumbang 30 persen pengaruh elektoral bagi kandidat yg didukung,” jelasnya.

Namun, Asra juga menambahkan bahwa dukungan Syamsuddin Hamid tak boleh hanya sekadar retorika belaka saja dalam mendukung Andi Ilham Zainuddin-Rismayani (AIZ-Risma) yang maju melawan Muh Yusran Lalogau-Syahban Sammana (MYL-SS).

“Tapi dengan catatan, Bupati membantu dalam artian yang sebenarya, bukan hanya retorika di ruang publik belaka. Sebab, dalam konteks kekuatan jejaring politik di tingkat grassroot AIZ dan MYL punya kans besar. Namun, AIZ punya kelebihan, yakni didukung secara politik oleh Bupati,” bebernya.

Syamsuddin Hamid yang merupakan Ketua DPD II Golkar Pangkep itu menegaskan arah dukungannya ke paslon nomor urut tiga, yaitu AIZ-Risma. Beberapa waktu lalu, Syamsuddin, bupati dua periode itu menegaskan dukungannya hanya difokuskan ke AIZ-Risma semata.

“Kita semua harus turun. Bergerak mendukung dan memenangkan Andi Ilham Zainuddin dan Rismayani. Bersama partai pengusung lain. Kita akan maksimalkan semua komunikasi dan gerakan untuk memastikan kemenangan AIZ-Risma,” paparnya. (fit)

Komentar


KONTEN BERSPONSOR