Bawaslu Pangkep Atensi Khusus Pemberian Insentif RT/RW

Senin, 7 Desember 2020 11:32

Ketua Bawaslu Pangkep, Samsir Salam

FAJAR.CO.ID,PANGKEP– Bawaslu Kabupaten Pangkep memastikan pemberian insentif untuk RT/RW oleh Pemkab Pangkep bukan bagian dari kampanye ataupun dugaan pelanggaran.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Pangkep, Samsir Salam bahwa sebelum pelaksanaan pembagian insentif dilakukan, pihaknya telah melayangkan surat ke Pemkab Pangkep untuk memastikan kegiatan tersebut tidak sarat politik praktis.

“Jadi sebelumnya memang kita sudah peringatkan. Kami sudah ada atensi khusus melihat kegiatan ini. Sehingga pada saat pelaksanaan memang kita lakukan pengawasan langsung di lokasi dan itu disaksikan langsung oleh Bawaslu pada saat proses penyerahan insentif,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, pembagian insentif tersebut disebut merupakan program pemerintah serta pelaksanannya juga tidak dihadiri oleh paslon manapun.

“Tidak dihadiri oleh paslon manapun dan muatannya juga kita awasi langsung. Sehingga penyerahan itu juga dilakukan hanya simbolis saja,” ungkapnya, Senin (07/12/2020).

Terpisah, Kabag Pemerintahan Pangkep, Andi Irfan membantah tudingan sejumlah pihak bahwa pembagian insentif itu sarat dengan politik praktis mengingat dua klan bupati maju di pilkada kali ini. Yaitu Andi Ilham Zainuddin-Rismayani (AIZ-Risma) dan Muh Yusran Lalogau-Syahban Sammana (MYL-SS).

“Pembagian insentif itu murni program bagian pemerintahan. Ada 200 yang hadir. Pembagiannya pun kami lakukan secara bertahap untuk menghindari kerumunan massa. Sehingga jika ada rumor di luar yang berkembang dikaitkan dengan politik itu tidak benar. Apalagi kami diawasi langsung Bawaslu jadi memang tidak ada muatan politik di dalamnya,” bebernya.(fit)

Komentar