Beredar Kartu LSM jadi Pemantau TPS di Pilkada Gowa, KPU Bilang Begini

Senin, 7 Desember 2020 17:44

FAJAR.CO.ID, GOWA – Beredar foto yang memperlihatkan beberapa kartu pengenal dari sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yang menjadi pemantau Pilkada di Kabupaten Gowa.

Kartu itu menampilkan nama LSM yang tertera di bagian atas kartu itu. Sedangkan di bagian tengahnya, terdapat foto dan nama seseorang yang nantinya akan bertugas sebagai pemantau di tiap TPS di Gowa.

Bahkan di bawah kartu itu, tertera logo Polri, KPU, Bawaslu, dan beberapa logo lain yang berderet di bawah kartu pengenal sebagai pemantau Pilkada yang jatuh pada 9 Desember 2002 lusa.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis, mengatakan, pihaknya tidak pernah memberikan ruang kepada siapapun yang mengatasnamakan diri sebagai pemantau Pilkada.

Apalagi di luar internal KPU Gowa. Kata Muhtar, selama masa pendaftaran, tidak ada satu pun LSM atau lembaga lainnya yang direkrut KPU sebagai pemantau di tiap TPS di Butta Bersejarah ini.

KPU Gowa pun menghimbau kepada masyarakat untuk lebih teliti, mana petugas pemilihan dari KPU dan mana yang bukan.

“Lembaga pemantau yang terakreditasi di KPU punya kewenangan masuk TPS untuk Pilkada paslon tunggal,” katanya, Senin (7/12/2020).

“Berdasarkan hasil verifikasi berkas, semua lembaga yang mengajukan permintaan akreditasi ke KPU hingga batas akhir pendaftaran, tidak ada satu pun yg bersyarat diberikan akreditasi dari KPU,” sambung Uthe, sapaan akrab Muhtar.

Komentar