Tanri Abeng: Jangan Pilih “Walikota Gunting Pita”

Senin, 7 Desember 2020 15:23

Tanri Abeng. (int)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA, Perhelatan Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Makassar mengundang reaksi tokoh pengusaha nasional Tanri Abeng. Mantan Menteri BUMN itu menekankan tiga poin kepada warga Makassar untuk menentukan pilihannya.

“Kota Makassar hanya akan sebaik pemimpinnya. Dan pemimpinnya itu adalah Walikota. Jadi jangan salah pilih. Kalau salah pilih akan berdampak pada kemunduran Kota Makassar. Ingat, ini lima tahun loh,” kata Tanri Abeng.

Menurutnya, kriteria calon yang pantas memimpin Kota Makassar harus berkarakter intelektual yang cerdas, kreatif, dan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Karakter itu bisa membawa Kota Makassar sebagai kota pendidikan, perdagangan, dan pariwisata.

Di samping sebagai kota yang berpendidikan, tipikal warganya juga ada yang tinggal di lorong-lorong. Sehingga walikotanya harus punya energi untuk lebih banyak turun ke lorong-lorong berinteraksi dan melayani warga.

“Jangan pilih walikota ‘gunting pita’ saja. Pilih walikota yang punya energi dan bisa terjun ke lapangan berinteraksi dengan warga,” Tanri Abeng mengingatkan.

Untuk mengetahui figur yang betul-betul ingin membangun kota dan warganya, tidak hanya dilihat dari programnya. “Harus dipahami bahwa program itu adalah janji. Siapa pun bisa membuat program. Karena itu harus melihat kemampuannya untuk mengaplikasikan program yang dijanjikan kepada masyarakat,” kata Tanri.

Dia pun mengingatkan, untuk tidak memilih calon yang hanya janji-janji. Untuk itu integritas calon sangat penting menjadi dasar untuk menentukan pilihan.

Bagikan:

Komentar