10 Lembaga Survei akan Hitung Cepat Hasil Pilkada Makassar, Ini Daftarnya

Selasa, 8 Desember 2020 15:07

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — KPU Kota Makassar telah menetapkan 10 lembaga survei yang dinyatakan lolos verifikasi dan memenuhi syarat melakukan hitung cepat atau quick count pada hari pemungutan suara Pilkada Makassar 9 Desember esok.

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari mengatakan,10 lembaga survei yang terverifikasi itu dapat menggelar jajak pendapat maupun hitung cepat pada hari pemungutan suara.

Beberapa lembaga survei yang telah terverifikasi untuk melaksanakan jajak pendapat dan quick count yang terdaftar di KPU Makassar untuk Pilwali Makassar 2020, diantaranya Script Survei Indonesia (SSI), Jaringan Suara Indonesia (JSI), Celebes Research CENTER (CRC), Indikator Politik Indonesia, Indo Barometer, Poltracking Indonesia, Roda Tiga Konsultan, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Citra Publik Indonesia dan PT. Citra Komunikasi LSI.

Menurut Endang, di luar dari lembaga survei yang telah terverifikasi tidak diperkenankan melakukan kegiatan jajak pendapat atau hitung cepat hasil Pilkada Makassar.

“Tidak boleh (laksanakan quick count dan jajak pendapat). Yang boleh melakukan hitung cepat adalah yang terdaftar di KPU,” tegas Endang.

Jika pun ada yang melakukannya, bukanlah kewenangan KPU untuk melakukan penindakan.

“Di luar itu, Bawaslu bisa mengambil langkah pengawasan di situ,” tutupnya. (endra/fajar)

Komentar