Berbau Tajam dan Kurang Sedap, Mengkudu Berkhasiat Perangi Tumor dan Kanker

Selasa, 8 Desember 2020 19:35

Buah Mengkudu alias Buah Noni. (int)

FAJAR.CO.ID — Buah mengkudu alias buah noni, merupakan bagian dari spesies keluarga kopi. Rasa dari buah hijau eksotis seukuran kentang ini memang tidak enak dan mengeluarkan bau yang lumayan tajam.

Meski demikian, ternyata ada banyak manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang mungkin tidak pernah Anda ketahui sebelumnya.

  1. Menurunkan Kolesterol

Peningkatan kadar kolesterol dalam darah merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular. Merokok juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi akibat dari penumpukan stres oksidatif dalam tubuh.

  1. Menurunkan Gula Darah

Penelitian pada hewan telah menunjukkan hasil yang menjanjikan terhadap manfaat buah mengkudu untuk mengendalikan kadar glukosa darah.

Periset di Universitas Hindia Barat melakukan satu penelitian semacam itu dan menemukan bahwa buah mengkudu memiliki sifat penurun gula darah.

Penelitian ini melibatkan pemberian suplemen mengkudu noni atau obat diabetes resep pada tikus diabetes selama 20 hari untuk mempelajari efek gula darah.

Studi tersebut menemukan bahwa noni juga efektif sebagai obat diabetes dalam menurunkan gula darah.

Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine Oktober 2010 lalu.

  1. Mencegah Kanker

Buah mengkudu mengandung beragam antioksidan yang mampu memerangi risiko Anda terhadap kanker.

Buah mengkudu telah menunjukkan sifat stimulasi kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor.

National Cancer Institute juga telah mendanai penelitian awal tentang manfaat buah untuk pencegahan dan pengobatan kanker payudara. (hellosehat-GenPi)

Bagikan berita ini:
4
7
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar