Biden Terpilih, Tiongkok Yakin Hubungan dengan AS Kembali Normal

Selasa, 8 Desember 2020 21:01

Menlu Tiongkok, Wang Yi. (int)

FAJAR.CO.ID — Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, merasa yakin hubungan negaranya dengan Amerika Serikat akan kembali normal. Keyakinan Wang setelah Joe Biden menjadi presiden terpilih.

“Kami sangat berharap dan yakin kebijakan AS terkait Tiongkok cepat atau lambat akan kembali ke arah yang objektif dan rasional,” kata Wang saat berbicara dalam Konferensi Dewan Bisnis AS-Tiongkok secara virtual.

Oleh sebab itu, dia mendorong semua pihak, mulai dari peneliti, perwakilan bisnis dan industri untuk meningkatkan dialog dan komunikasi dalam memajukan hubungan antara Tiongkok-AS.

“Tiongkok dan AS seharusnya melakukan dialog di semua tingkatan karena sesungguhnya setiap persoalan bisa didiskusikan, apakah menyangkut hal yang sifatnya strategis, komprehensif, atau spesifik,” ujarnya.

Menurut Wang, Tiongkok selalu membuka pintu dialog kapan saja agar kedua negara bisa bekerja bersama memformulasikan peta jalan untuk menjaga dan mengembangkan hubungan diplomatik. Wang menjelaskan alasan mendasar kenapa hubungan Tiongkok-AS menghadapi situasi paling buruk sejak keduanya menjalin hubungan diplomatik, karena beberapa orang di AS masih punya mental Perang Dingin yang sudah ketinggalan zaman dengan menganggap Tiongkok sebagai lawan atau bahkan musuh utamanya.

Wang menambahkan tujuan fundamental pembangunan Tiongkok adalah untuk memberikan kehidupan yang lebih baik kepada rakyatnya dan hal itu bisa dicapai melalui kerja sama dengan negara lain. Menlu Wang mengusulkan lima hal terkait hubungan Tiongkok-AS, antara lain mengevaluasi hubungan bilateral, meningkatkan dialog dan komunikasi, memperluas visi yang saling menguntungkan, mengatasi perbedaan dengan menghindari konfrontasi ideologis, dan meningkatkan serapan aspirasi publik.

Bagikan berita ini:
5
9
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar