Konsumsi Kacang Hijau, Ini 9 Manfaatnya untuk Kesehatan

Selasa, 8 Desember 2020 08:59

Ilustrasi kacang-kacangan (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kacang hijau adalah kacang berukuran kecil. Mereka telah dibudidayakan sejak zaman kuno. Kacang ini memiliki rasa yang sedikit manis dan dijual segar, sebagai kecambah atau sebagai kacang kering.

Berikut ini beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Membersihkan Tubuh dari Racun

Kandungan protein, tanin dan flavonoid dalam kacang hijau bermanfaat untuk membersihkan racun-racun seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

  1. Menurunkan Berat Badan

Serat yang terdapat dalam kacang hijau tidak hanya bagus untuk memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan jantung, tetapi juga bisa membuat Anda kenyang lebih cepat dan lebih lama.

Sehingga bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Baca Juga: Pasta Kacang Hijau Solusi Bagi Penderita Alergi Kacang Selain itu, kacang hijau juga bisa menjadi pilihan makanan untuk kamu yang sedang diet, karena kandungan lemaknya rendah.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kacang hijau juga dikenal sebagai makanan yang kaya akan serat. Sehingga mengonsumsi kacang ini secara rutin bisa memperlancar pencernaan dan membantu pembersihan racun dalam tubuh atau detoks.

  1. Meningkatkan Kekebalan

Tubuh Kacang hijau mengandung fitonutrien yang berperan sebagai anti-pembengkakan. Serta bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menetralkan zat-zat berbahaya seperti bakteri, virus, iritasi, dan sebagainya.

  1. Mencegah Kanker

Dalam sebuah penelitian medis ditemukan kacang hijau bisa mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini karena kacang hijau kaya akan kandungan polyphenol dan oligosakarida yang mampu menghambat perkembangan kanker.

Komentar