Malam Ini, Delapan Ribu Surat Suara Rusak di Gowa Dimusnahkan

Petugas memperlihatkan salah satu surat suara yang rusak

FAJAR.CO.ID, GOWA – Kerusakan surat suara yang ditemukan di KPU Gowa telah diteruskan ke pusat. Hasilnya, pusat membolehkan KPU di tingkat kabupaten melakukan pemusnahan.

Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis, mengatakan, surat suara rusak atau cacat yang ditemukan sejak awal sortir sebanyak delapan ribu lembar lebih, dijadwalkan akan dimusnahkan pada malam ini.

“Rencana malam ini dilakukan pemusnahan surat suara rusak atau sisa di halaman kantor KPU,” katanya kepada wartawan, Selasa (8/12/2020).

Jenis kerusakan atau cacat itu beragam. Mulai dari gambar dan tulisan yang buram, salah potong, terlipat, bahkan ditemukan tinta hitam pada gambar salah satu pasangan calon.

Temuan itu bukan dari KPU Gowa. Melainkan dari proses percetakan yang dibuat oleh KPU RI, sebagai pelaksana Pilkada di tingkat pusat.

“Ditemukan beberapa (rusak). Di antaranya posisi pemotongan kertas tidak tepat. Artinya ada beberapa bagian gambar yang terpotong. Ada juga kena noda tinta,” jelas Muhtar.

Surat suara yang rusak itu pun dipisahkan dengan lembar yang layak pakai. Sementara itu, Uthe, sapaan akrab Muhtar Muis telah kembali berkoordinasi dengan KPU RI sebagai pengganti. (Ishak/fajar)

Komentar


KONTEN BERSPONSOR