Pilkada, Timpora Kota Makassar Rapat Koordinasi

Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kota Makassar menggelar rapat di Kantor Imigrasi (Kanim) Makassar, Selasa (08/12/2020).

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kota Makassar menggelar rapat di Kantor Imigrasi (Kanim) Makassar, Selasa (08/12/2020).

Agendanya, antara lain pengamanan Pilkada Kota Makassar yang akan digelar besok.

Rapat dipimpin Kakanim Makassar,Agus Winarto, yang juga dihadiri Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan, Dodi Karnida, serta para anggota Timpora yaitu unsur Kesbangpol Kota, Kepolisian, TNI, KPU, BAWASLU dan lain-lain.

Agus Winarto menyampaikan, Timpora ini merupakan sarana pertukaran informasi terkait keberadaan dan kegiatan WNA termasuk pengungsi khususnya menjelang Pilkada Kota Makassar agar tidak ada WNA/Pengungsi yang melakukan perbuatan melanggar hukum maupun terdapat media atau LSM asing yang meliput atau memantau Pilkada tetapi tidak memenuhi perizinan yang sudah ditentukan.

“Sehubungan dengan hal tersebut, maka Timpora ini tanggal 9 Desember akan melakukan operasi pencegahan agar tidak ada WNA yg memanfaatkan momen Pilkada ini yaitu memantau TPS-TPS yg berdekatan dengan rumah singgah (Community House) yang banyak pengungsinya seperti di Kecamatan Tamalanrea dan Tamalate,” bebernya.

Terkait dengan keberadaan pengungsi di Kota Makassar, Dodi menyampaikan bahwa saat ini jumlahnya ada sebanyak 1.667 orang dan sesuai Perpres 125/2016 tentang Penanganan Pengungsi Dari Luar Negeri, keberadaan mereka menjadi tanggung jawab Satgas Penanganan Pengungsi yang dipimpin oleh unsur pemerintah daerah kota maupun provinsi sedangkan dari unsur keimigrasian yang melaksanakannya ialah Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) yaitu dalam hal pengawasan dan pendataannya.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR