Konsumsi Daun Kari, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Ilustrasi daun kari. Foto: Pixabay

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Biasa digunakan sebagai bumbu masak, daun kari ini menambah rasa spesial pada setiap hidangan.

Namun, daun kari lebih dari sekadar rasa. Daun kari mengandung karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B, vitamin.

Daun kari membantu fungsi jantung Anda lebih baik, melawan infeksi dan bisa menghidupkan rambut dan kulit Anda dengan vitalitas.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari minum air rebusan daun kari, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Memiliki Kandungan Antioksidan

Daun kari ternyata mengandung glikosida, alkaloid, senyawa fenolik, dan lain sebagainya.

Berbagai senyawa tersebut ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian, daun kari memiliki banyak kandungan antioksidan seperti alpha-ternene, mahanimbine, myrcene, linalool, caryophyllene, alpha-terpinene, dan murrayanol.

Beberapa komponen di atas bisa efektif guna memerangi radikal bebas sehingga bisa menangkal banyak penyakit.

  1. Menstabilkan Gula Darah

Salah satu manfaat daun kari yang tidak boleh dilewatkan adalah daun ini ternyata memiliki potensi untuk menjaga kestabilan gula darah. Hal ini dibuktikan melalui sebuah riset yang dilakukan pada hewan uji.

Terbukti daun kari mampu menurunkan kadar gula darah serta mencegah datangnya gejala diabetes seperti kerusakan ginjal dan sakit saraf. Meskipun hasil dari penelitian tersebut sangatlah menjanjikan, tetapi masih diperlukan penelitian lanjutan guna membuktikan manfaat daun kari terhadap kestabilan gula darah pada manusia.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR