Penembakan 6 Laskar FPI, Ikatan Keluarga Minang Keluarkan Pernyataan Sikap

Jumat, 11 Desember 2020 15:22

Fadli Zon. Foto: ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

  1. Sebagai organisasi yang menjunjung tinggi falsafah Minang, yaitu Adat Basandi Syara’, Syara Basandi Kitabullah, IKM mengutuk peristiwa penembakan tersebut serta mengecam penggunaan senjata dan kekuasaan yang sewenang-wenang oleh aparat penegak hukum.
  2. agar tragedi kemanusiaan ini tak menjadi fitnah terhadap kelompok atau golongan tertentu, IKM mendesak agar Presiden RI segera membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF).

Tim ini melibatkan Komnas HAM, elemen masyarakat sipil, serta organisasi-organisasi lain yang kompeten, untuk menyelidiki serta menginvestigasi peristiwa tersebut secara terbuka, transparan, dan tuntas.

  1. IKM meminta kepada Presiden RI melakukan evaluasi terhadap kepemimpinan Kepala Kepolisian Republik Indonesia dan Kepala Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya, serta melakukan pemeriksaan terhadap personil Kepolisian Republik Indonesia yang terlibat dalam penembakan 6 warga sipil pada tanggal 7 Desember 2020 untuk memulihkan kepercayaan publik kepada Polri dan Pemerintah.
  2. IKM mengimbau kepada warga Minang di manapun untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi untuk melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hukum dan ketertiban. (pojoksatu/fajar)

Bagikan berita ini:
3
1
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar