Perkenalkan Sejarah Jalur Rempah, Kemdikbud Luncurkan Website Jalur Rempah

Jumat, 11 Desember 2020 20:04
Belum ada gambar

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Guna memicu semangat dan kreativitas generasi milenial Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan meluncurkan website Jalur Rempah.

Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Hilmar Farid mengatakan kebaharian Nusantara menjadi jejak sejarah berkembangnya pelayaran dan perdagangan yang dipicu oleh komoditi unggulan yakni rempah-rempah.

Ia menjelaskan saat ini jalur rempah menjadi simpul peradaban bahari nusantara, lantaran mampu membawa gagasan, pengetahuan, seni dan budaya di sepanjang rute perjalanan paling Timur Kepulauan Indonesia melewati selat Malaka sampai Afrika, Timur Tengah dan Eropa.

“Jalur rempah bukan hanya jalur kebudayaan dan peradaban yang sekedar akses pertukaran niaga, tetapi memiliki sejarah panjang yang bisa diakses oleh masyarakat khususnya milenial melalui website Jalur Rempah,” kata Hilmar Farid, melalui virtual pada event Anugerah Karya Budaya Rempah Nusantara, Jumat (11/12/2020).

Selain itu, Ia menyebut peluncuran website Jalur Rempah tidak hanya dapat mempersatukan beragam gagasan, pemikiran dan informasi, namun dinilai mampu menjadi media pendidikan bagi masyarakat Indonesia.

Sementara, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Restu Gunawan berharap website tersebut dapat menjadi media informasi yang bisa dikembangkan sebagai platform digital bagi seluruh pemangku kepentingan terkait budaya rempah Nusantara.

“Semoga website ini bisa menjadi media edukasi dan informasi yang memperkaya sekaligus memberikan inspirasi khususnya bagi generasi milenial untuk semakin mencintai budayanya, meneguhkan dan menguatkan jati diri bangsa,” harap Restu.

Bagikan berita ini:
10
6
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar