Hadapi Kritik, Rizal Ramli Sarankan Jokowi Tiru Gus Dur dan BJ Habibie

Minggu, 13 Desember 2020 17:33
Belum ada gambar

Ekonom Senior Rizal Ramli. Foto: RM

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Ekonom senior Rizal Ramli meminta Presiden Jokowi meniru langkah mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan BJ Habibie dalam menghadapi kritik masyarakat.

Di tengah pandemi Covid-19, Presiden Joko Widodo diminta untuk memerintahkan aparat kepolisian untuk lebih fokus dalam menangani kasus-kasus yang lebih mendesak.

Misalnya menindak oknum masyarakat yang menimbun masker, hingga mereka yang mengkorupsi dana bantuan.

“Jokowi jangan malah memerintahkan aparat untuk menghukum orang-orang yang kritis, dengan alasan melakukan penghinaan pada presiden,” ungkap tokoh nasional Rizal Ramli kepada wartawan, Minggu (13/12).

Rizal mengingatkan Presiden Joko Widodo untuk tidak anti kritik. Jokowi, kata Rizal Ramli, juga harus ingat bahwa Indonesia adalah negara hukum yang demokratis.

“Jangan sampai hukum jadi alat kekuasaan untuk membungkam para pengkritik. Ingat! Rakyat sangat berhak menilai presiden dan para penjabat negara karena digaji dari uang rakyat,” kata Rizal Ramli.

Pernyataan serupa pernah disampaikan Rizal Ramli saat mengapresiasi kritik keras Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, atas terbitnya Telegram Kapolri, yang berisi penindakan hukum terhadap penghina presiden dan pejabat negara di tengah pandemi corona atau Covid-19.

Saat itu, Rizal Ramli merasa heran dengan sikap Jokowi yang seolah anti kritik. Telegram tersebut seperti menjadi tameng untuk memenjarakan para aktivis yang kritis.

Bagikan berita ini:
7
9
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar