Angka Kasus Covid-19 Kembali Naik di Sulsel, Ini Penyebabnya

Senin, 14 Desember 2020 15:28

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Ichsan Mustari

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Angka kasus penyebaran virus Covid-19 kembali mengalami peningkatan di Sulawesi Selatan. Hal itu dibenarkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah.

Menurutnya kenaikan tersebut disebabkan beberapa faktor di antaranya kepatuhan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan mulai berkurang dan imbas pasca pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Oleh karena itu, pihak Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dalam hal ini Gubernur Sulsel mengaku pihaknya akan lebih memasifkan program trisula yakni tracing, testing dan edukating.

“Jadi upaya kita sekarang ini perbanyak swab test, rapid test. Menanggapi semua yang cenderung menularkan, supaya tingkat penularan bisa turun,” kata Nurdin, Senin (14/12/2020).

Bahkan, ia meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kota untuk bersinergi dalam menekan laju penyebaran Covid-19 di daerah masing-masing.

“Dan ini semua impeknya karena kita baru melaksanakan pilkada dan penularan itu bukan hanya lewat droplet,” bebernya.

“Makanya saya tegaskan kepada para Bupati Wali Kota, supaya kita lebih ketat lagi. Kita lebih ketat karena kita tidak bisa pungkiri bahwa kita baru saja melaksanakan pesta demokrasi,” tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Ichsan Mustari membenarkan bahwa peningkatan kasus Covid-19 di Sulsel naik cukup signifikan.

Namun, ia menjelaskan indikator naiknya kasus tersebut yakni pergerakan orang banyak dan tidak mengindahkan protokol kesehatan dengan baik.

Komentar