Cegah Serangan Jantung, Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini

Tomat-- Foto: Foxnews

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Penyakit jantung menyumbang hampir sepertiga dari semua kematian di seluruh dunia. Diet memainkan peran utama dalam kesehatan jantung dan bisa memengaruhi risiko penyakit jantung.

Menurut David Katz, MD, MPH, Pendiri Inisiatif Kesehatan Sejati, asupan makanan alami dan nabati adalah sumber utama untuk mencegah serangan jantung.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Kacang hitam

Satu cangkir kacang hitam mengandung hampir lima gram serat larut, yang mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan dan menghilangkan kolesterol dari tubuh.

Kacang hitam juga kaya anthocyanin, antioksidan yang membantu melindungi jantung. “Kacang-kacangan menonjol dalam semua diet Blue Zone,” kata Katz.Jadi sebagai pengganti daging, pilihlah kacang hitam.

Masukkan biji kacang hitam ke dalam salad dan sarapan orak-arik, atau buat roti quinoa Anda sendiri.

  1. Tomat

Pasta, jus, dan saus tomat kaleng memberikan lycopene paling banyak. Antioksidan yang telah lama dipelajari untuk manfaat kesehatan jantung, termasuk mengurangi peradangan dan mungkin meningkatkan aliran darah.Sediakan makanan olahan yang terbuat dari tomat, seperti pasta whole-grain dengan saus marinara, atau jus tomat untuk mendapatkan lebih banyak lycopene.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung sebagian besar polifenol dan lemak tak jenuh tunggal, yang baik untuk jantung Anda.

Menurut penelitian baru dalam jurnal American Heart Association Circulation. Orang-orang melakukan diet Mediterania dengan empat sendok makan minyak zaitun extra-virgin per hari selama setahun memiliki fungsi HDL yang jauh lebih baik.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR