Cerita IN, Korban Dugaan Perdagangan Manusia yang Awalnya Dijanji Pekerjaan Bergaji Besar

Senin, 14 Desember 2020 20:57

Ilustrasi perdagangan manusia

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kasus perdagangan manusia di Makassar jadi masalah serius. IN, 17 tahun nyaris jadi korban, usai dijanjikan pekerjaan dengan yang gaji besar di Maluku.

Iming-iming itu mulai terlihat ganjal setelah warga Kecamatan Tallo itu, mendengar percakapan orang yang akan menerbangkan dirinya ke Maluku, bernama Lia.

IN mendengar ada yang memesan dirinya melalui Lia dengan tarif yang telah ditentukan. Berselang beberapa lama, IN pun kabur.

Dia berhasil meloloskan diri dari sebuah wisma yang tak jauh dari Bandara Sultan Hasanuddin, pada 7 Desember 2020 dan telah melapor ke Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Makassar.

Kerabat korban, Lukman Hakim masih punya cerita di balik peristiwa yang nyaris menimpa IN yang masih awam.

Kata dia, pasca IN melapor, pelaku Lia sempat mengancam korban untuk mengembalikan seluruh uang yang selama ini dibelikan makan, minum, dan uang tiket pesawat untuk keberangkatan IN di Maluku menjadi PSK.

Total uang uang yang mesti dikembalikan senilai Rp6 juta rupiah kepada Lia dan teman-temannya yang terlibat dalam aksinya itu.

“Lalu keluarga kurang mampu kan. Diancam juga untuk tidak melapor ke polisi,” kata Lukman saat dikonfirmasi, Senin (14/12/2020).

“Karena sudah diancam nyawa juga. Makanya saya mengadu ke P2TP2A agar didampingi secara hukum. Lengkap saya bawa bukti-buktinya,” sambung dia.

Bagikan berita ini:
9
4
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar