Covid Sulsel Makin Merambah ke Daerah, Di Sidrap RS Tutup

Senin, 14 Desember 2020 17:27

Petugas saat menguburkan jasad bayi malang dengan status pasien probable yang meninggal setelah sempat mengalami sesak. ...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ketua Tim Ahli Penanganan Covid-19 Sulsel Prof Ridwan Amiruddin membeberkan hingga saat ini, sekitar 10 persen dari total kasus adalah tenaga kesehatan. “Sudah sekitar 9.500 orang terkonfirmasi positif,” ucapnya.

Perkembangan kasus ke daerah pun meningkat tajam. Bisa ke nakes maupun umum. Dia mengungkapkan, terkonfirmasi positif 240 kasus tersebar di 15 kabupaten/kota. Pertumbuhan kasus melonjak di Makassar, terkonfirmasi 122 kasus.

Angka reproduksi efektif (Rt) Sulsel, Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Sulsel ini, pun merangkak naik di 1,20. Mengkhawatirkan, sebab positif rate juga pada kisaran 15 persen yang seharusnya di bawah angka lima.

RS Arnum Tutup

Pelayanan RS Arifin Nu’mang (Arnum) Rappang tutup selama dua pekan, Minggu-Senin, 13-28 Desember. Penutupan terkait sterilisasi dan pengondisian terhadap penyebaran Covid-19.

Direktur RSU Arifin Nu’mang Rappang dr Budi Santoso mengatakan, penutupan pelayanan selama dua pekan. “Termasuk pelayanan anak, karena dokternya sakit. Begitu pula pelayanan kebidanan dan kandungan. Dokternya cuti sampai akhir tahun,” bebernya.

Kendati demikian, masyarakat tidak perlu khawatir. Dia memastikan lingkungan rumah sakit saat ini relatif aman dari Covid-19.

Seluruh pegawai rumah sakit yang terpapar telah diisolasi dengan pegawasan ketat di RS Arnum Rappang. Sebagian di antaranya juga ada yang menjadi duta Covid-19 di Makassar.

Komentar


VIDEO TERKINI