Dewan Pastikan Kehadiran Liposos, Solusi Penanganan Anjal dan Gepeng

Senin, 14 Desember 2020 15:41

Wahab Tahir

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Hampir di setiap bahu jalan Kota Makassar, Anjal dan Gepeng kerap ditemui. Keberadaan mereka bahkan semakin menyebar di setiap sudut kota, belakangan ini.

Razia yang dilakukan Dinas Sosial (Dissos) Kota Makassar pun dianggap belum efektif. Sebab, mereka yang berhasil terjaring razia, tidak punya wadah untuk menerima pembinaan.

Masalah Anjal dan Gepeng belum juga tuntas. Oleh karena itu DPRD Makassar memastikan kehadiran Lingkungan Pondok Sosial (Liposos), sebagai salah satu solusi.

Ketua Komisi D DPRD Makassar, Wahab Tahir mengungkapkan, harus ada solusi baru untuk menghilangkan citra buruk Makassar terhadap keberadaan Anjal dan Gepeng. Liposos salah satunya.

“Penangannya tidak bisa seperti sekarang, yang hanya melakukan penjaringan saja. Harus ada tindak lanjutnya supaya tidak lagi menjadi gepeng setelah terjaring petugas,” terang Wahab di Gedung DPRD Kota Makassar, Senin (14/12/2020).

Menurut Wahab, Liposos bisa menjadi wadah untuk melakukan pembinaan tersebut. Di situlah nantinya dipusatkan para Anjal dan Gepeng yang masih kedapatan berada di jalan.

“Saya belum lihat DPA-nya. Tetapi itu sudah diusulkan. Kalaupun tidak bisa untuk membangun, kita carikan solusi dengan menyewa sementara,” ungkapnya.

Wahab ingin permasalahan Anjal dan Gepeng ini tidak berlarut-larut. Makanya, dia meminta Dissos Makassar juga terus berinovasi dalam menangani keberadaan mereka.

Komentar