Gus Nadir: Ustaz yang Tampilannya Jaim dan Bertampang Sangar, Antum Ngikutin Siapa Sih?

Senin, 14 Desember 2020 17:26

Gus Nadir (dok. Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Cendekiawan muslim Nadirsyah Hosen menyebut Nabi Muhammad SAW sering tersenyum dan tertawa hingga terlihat gigi geraham beliau. Hal tersebut seolah menampik anggapan bahwa semakin seseorang dalam penguasaan terhadap agama maka semakin serius dia dalam sikap dan tingkah lakunya. Atau tak ada senyum lebar apalagi tawa.

Dilansir dari situs resmi Nadirsyah Hosen, Senin (14/12/2020), Gus Nadir demikian ia biasa disapa, menyajikan penjelasan Tafsir al-Misbah yang ditulis oleh mufassir kenamaan, Muhammad Quraish Shihab. Maha Guru ilmu tafsir ini mengutip sejumlah riwayat yang menceritakan bagaimana Nabi berinteraksi dalam kesehariannya bersama para sahabat beliau.

Nabi mencandai seorang nenek bahwa surga tidak akan dimasuki perempuan lanjut usia. Maka menjerit kecewa lah sang nenek, sementara Nabi merespon dengan tersenyum sambil membacakan surat al-Waqi’ah: 35-38 bahwa mereka yang lanjut usia akan kembali muda saat di surga kelak. Sang Nenek tertawa membayangkan wajah keriputnya kembali mulus dan kinclong di surga kelak.

Di lain kesempatan, ganti Nabi yang dikerjai sahabatnya. Nu’aiman ibn Rufaah adalah sahabat Nabi yang turut dalam berbagai pertempuran bersama Nabi. Nu’aiman terkenal gemar bercanda sehingga dalam satu riwayat dikabarkan Nabi berkata bahwa Nu’aiman akan masuk surga dengan tertawa.

Suatu saat Nu’aiman mendatangi Nabi sambil menghadiahi Nabi berbagai buah-buahan. Tak lama kemudian datanglah penjual buah yang menagih harga buah-buahan tsb kepada Nabi. Nabi kaget dan menanyakan kepada Nu’aiman: “Bukankah telah kamu hadiahkan buah-buahan ini kepadaku?”

Komentar