Kondisi Terkini Habib Rizieq, Munarman: Alhamdulillah Sehat Walafiat

Senin, 14 Desember 2020 14:00

BERBAJU TAHANAN: Pimpinan FPI Muhammad Rizieq Syihab setelah menjalani pemeriksaan selama 14 jam sebagai tersangka di Ditreskrim Polda Metro Jaya kemarin dini hari. (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sekretaris Umum DPP Front Pembela Islam (FPI) Munarman mengungkap kondisi Imam Besar FPI usai dijebloskan ke penjara. Dia menyebut jika Rizieq dalam keadaan baik dan tidak terbebani dengan proses hukum yang dijalaninya.

“Habib alhamdulillah sehat walafiat, tenang, beliau tetap gembira, tersenyum, bercanda,” kata Munarman di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (14/12).

Di sisi lain, Rizieq meminta agar penangkapan kepada dirinya tidak menutup kasus bentrok antara anggota polisi dengan Laskar FPI yang menewaskan 6 orang. Rizieq meminta kasus tersebut diungkap seluruhnya.

“Beliau menyampaikan pesan bahwa jangan berhenti berjuang dan tidak boleh melupakan pembantaian 6 syuhada, harus terus dibongkar sampe ke akar-akarnya,” jelas Munarman.

Sebelumnya, Penyidik Polda Metro Jaya memutuskan menahan Imam Besar FPI Rizieq Shihab. Dia ditahan selama 20 hari ke depan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya. Penahanan terhitung sejak 12-31 Desember 2020.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, penahanan dilakukan berdasarkan pertimbangan matang penyidik. Alasannya ada dua. Yakni objektif dan subjektif.

“Untuk objektik ancaman pidananya 6 tahun. Untuk subjektif agar pertama nggak lari, tidak menghilangkan barang bukti dan tidak mengulangi perbuatan,” kata Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (13/12) dini hari.

Argo menuturkan, dalam pemeriksaan kali ini, Rizieq dicecar 84 pertanyaan oleh penyidik terkait kerumunan dalam acara pernikahan putrinya di Petamburan, Jakarta Pusat. Adapun pemeriksaan Rizieq telah selesai pada Sabtu (12/12) pukul 22.00 WIB.

Komentar