KPPN Makassar II Sudah 100 Persen Salurkan Dana Desa di Gowa dan Takalar


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kantor Pelayanan Perbendaharaan Makassar II telah menyalurkan 100 persen anggaran Dana Desa kepada 121 Desa di Kabupaten Gowa dan 76 Desa di Kabupaten Takalar.

Alokasi Dana Desa yang disalurkan di Tahun Anggaran 2020 oleh KPPN Makassar II mencapai Rp230,7 miliar.

Penyaluran Dana Desa Tahap III pada tanggal 11 Desember 2020 merupakan batch terakhir dari penyaluran Rp83,9 miliar Dana Desa di Kabupaten Takalar.

Sedangkan penyaluran Rp146,7 miliyar Dana Desa untuk 121 Kabupaten Gowa telah tuntas disalurkan lebih awal 100 persen sejak September 2020.

Mekanisme penyaluran Dana Desa di Tahun 2020 mengalami beberapa penyempurnaan. Mulai tahun ini, Dana Desa disalurkan dari rekening kas umum negara ke rekening kas desa setelah pemerintah desa (pemdes) memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Pemerintah juga memberi relaksasi atau kemudahan persyaratan kepada pemda dan pemdes, terlebih karena dampak global pandemi COVID-19.

Pemerintah mendorong percepatan realisasi belanja sebagai bagian dari implementasi program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Penyederhanaan persyaratan penyaluran dan perubahan prioritas pengalokasian dana desa untuk Bantuan Langsung Tunai, dan kegiatan Padat Karya diharapkan dapat mendukung penanganan dan pemulihan ekonomi sebagai dampak dari pandemi,” kata Adi Setiawan, Kepala KPPN Makassar II.

Khususnya untuk Dana Desa, penyederhanaan persyaratan diterapkan untuk semua tahapan. Namun demikian untuk Tahap 3 tetap disyaratkan Perkada Alokasi Dana Desa, Perkades tentang APBDes serta Laporan Realisasi Tahun Anggaran 2019.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR