Lima Kabupaten Peroleh Predikat Kota Peduli HAM

Senin, 14 Desember 2020 11:08

Lima Kabupaten Peroleh Predikat Kota Peduli HAM

FAJAR.CO.ID, MAMUJU – Sepuluh Desember 1948 atau tepat 72 tahun yang lalu, PBB mengesahkan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM). DUHAM merupakan tonggak sejarah yang menyatakan bahwa seluruh manusia dilahirkan setara tanpa mengenal perbedaan jenis kelamin, agama, warna kulit, ras dan perbedaan fisiologis maupun non fisiologis lainnya.

Berdasarkan sejarah ini, PBB (pada Sidang Umum tahun 1950) menetapkan 10 Desember merupakan Hari Hak Asasi Manusia. Setiap tahun, tema peringatan hari HAM berbeda. Sesuai dengan semangat zaman dan kondisi yang berkembang saat itu.

Setiap tahun Kementerian Hukum dan HAM menjadikan momentum ini memberikan penghargaan kepada daerah. Kepala Kanwil Kemenkumham Sulbar, H Anwar menyampaikan puncak hari HAM tahun ini bertema Recover Better, Stand Up For Human Rights.

“Tema ini mengandung makna agar kita bangkit dari pandemi virus dan berdiri tegak untuk membela hak asasi manusia dengan cara P5HAM, yaitu: Penghormatan, Perlindungan, Pemajuan, Penegakan, dan Pemenuhan HAM'” kata Anwar. Sebanyak lima Kabupaten di Sulawesi Barat tahun ini memperoleh penghargaan berpredikat sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Pemberian penghargaan akan diserahkan Menkumham secara virtual, Senin, (14/12) di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulawesi Barat. Tak hanya itu, sebanyak 3 (Tiga) UPT di jajaran Kanwil Kemenkumham Sulawesi Barat juga akan menerima penghargaan sebagai Pelayanan Publik Berbasis HAM dari Menkumham.

Komentar