Ruang ICU Penuh, Mengkhawatirkan, Covid-19 Meningkat

Senin, 14 Desember 2020 17:23

Ilustrasi tes PCR. (FOTO: FAJAR INDONESIA NETOWRK)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Penyebaran Covid-19 kembali ke fase kritis. Ruang ICU beberapa rumah sakit penuh.

Kasus terkonfirmasi positif baru per 13 Desember sebanyak 312 kasus. Penyebaran Covid-19 ini menempatkan Sulsel ke posisi 5 besar peningkatan pasien positif baru.

Beberapa rumah sakit mulai sesak dengan banyaknya pasien yang dirawat. RSU Arifin Nu’mang Rappang, Sidrap bahkan menutup pelayanan. Dokter, perawat, hingga petugas dapur dan kebersihannya terpapar Covid-19. Sudah 68 pegawai yang terpapar Covid-19.

Ruang khusus atau Intensive Care Unit (ICU) pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang penuh antara lain dilaporkan oleh Rumah Sakit Umum Pusat (RUSP) Wahidin Sudirohusodo. Wahidin menjadi pusat rujukan pasien terpapar Covid-19.

Begitu juga di RSKD Dadi. Saat ini ada 78 pasien terkonfirmasi positif yang mendapat perawatan intensif. Jauh meningkat dibanding sebelumnya yang hanya sekitar 30 kasus. Bahkan sempat hanya 21 pasien yang dirawat.

Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSWS Prof Mansyur Arif mengungkapkan ruang ICU bertekanan negatif untuk merawat pasien Covid-19 sudah penuh.

Prof Mansyur menyampaikan, kondisi ini terjadi karena kembali ada peningkatan kasus. Terlebih, yang masuk di RSWS betul-betul statusnya kritis atau pasien terparah.

Data yang dihimpun FAJAR dari Satgas Covid-19 Sulsel per 12 Desember, RSUP Wahidin memiliki 13 tempat tidur di ruang ICU. Sementara tempat tidur ruang isolasi tersedia 130 dan baru terpakai 58 tempat tidur.

Komentar