Ruang ICU Penuh, Mengkhawatirkan, Covid-19 Meningkat

Senin, 14 Desember 2020 17:23

Ilustrasi tes PCR. (FOTO: FAJAR INDONESIA NETOWRK)

Kasus yang masuk dalam dua bulan terakhir di RSWS menunjukkan ada kondisi baru atau lebih parah dari sebelum-sebelumnya.

Untuk itu, Prof Mansyur mengharapkan, masyarakat harus tetap waspada terhadap penyebaran atau penularan Covid-19 dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Ingat selalu untuk jaga diri, jaga keluarga, dan jaga teman sekitar dengan tetap jaga jarak, gunakan masker secara benar, dan rajin cuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir,” tegasnya.

Perawatan Intensif

Direktur RSKD Dadi Arman Bausat mengakui terjadi peningkatan pesat. Persis sama seperti awal naiknya kasus Covid-19, beberapa bulan sebelumnya. Bahkan, ruangan ICU yang khusus menangani pasien Covid-19 sudah penuh.

“ICU kita sekarang penuh. Mereka yang masuk rata-rata mendapat perawatan intensif di ruangan ini adalah kasus berat. Bahkan memerlukan bantuan ventilator,” bebernya.

Jika ada pasien dengan dampak berat yang masuk, RSKD Dadi terpaksa merujuk ke rumah sakit lain. Hanya saja, sejumlah rumah sakit rujukan seperti RSWS juga penuh. Pihaknya tak bisa memaksakan jika kondisi ruangan ICU tak cukup.

Kapasitas tempat tidur untuk perawatan masih mencukupi. RSKD Dadi masih bisa menerima sampai 150 pasien. Berbeda dengan ICU yang memang dikhususkan untuk pasien yang butuh perawatan khusus.

RSKD Dadi juga mencatat adanya peningkatan pasien yang meninggal dunia. “Dalam satu minggu terakhir ada dua orang meninggal. Memang peningkatan kasusnya cepat. Awal Desember, pasien kembali banyak,” jelasnya.

SPONSORSHIP

Komentar


VIDEO TERKINI