Siswa SMK dan Warga Lokal Dilibatkan dalam Transfer Pengetahuan dan Keterampilan Pengelolaan Arsinum

Senin, 14 Desember 2020 09:57

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dalam menghadirkan unit instalasi air siap minum (Arsinum) di pulau-pulau, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Tahun 2021 mendatang akan dihadirkan 20 unit.

Selanjutnya, unit filterisasi dan sterilisasi air laut menjadi air minum ini akan dikelola oleh warga setempat. Transfer pengetahuan, keterampilan dan alih teknologi selanjutnya dimiliki oleh warga dan juga pelajar kejuruan.

Sejauh ini Pemprov telah melibatkan 30 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk belajar langsung.

“Ini kami sangat senang mendapatkan ruang anak-anak kami dari SMK untuk program ini. Sudah ada 30 siswa dari SMK yang kita libatkan, harapan kita tentu dengan program ini ke depan bisa lebih banyak lagi dan memang intinya kita berharap ada transfer pengetahuan, keterampilan dan alih teknologinya yang kita inginkan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Prof Muhammad Jufri.

Hal itu disampaikan, saat mendampingi Gubernur Sulsel, Prof. HM Nurdin Abdullah meresmikan tiga unit arsinum di Pulau Samalona, Makassar, 13 Desember 2020.

Lanjut Jufri bahwa, akan ada 30 siswa yang diharapkan memberikan imbas pada rekan-rekan mereka sesama pelajar.

“Dan mereka sudah mengatakan, mereka sudah mendapatkan ilmunya. Dengan pelibatan anak-anak SMK akan memberikan peluang tersendiri anak-anak SMK untuk bisa mendapatkan ruang seperti yang diharapkan oleh Pak Gubernur,” sebutnya.

Komentar