9 Pasien Jalani Operasi Katarak Gratis, Syaratnya Wajib Rapid Tes

Selasa, 15 Desember 2020 18:17

FOTO: ISTIMEWA.

FAJAR.CO.ID — 9 pasien dinyatakan lolos untuk melakukan operasi katarak secara gratis yang berlangsung di Optimalisasi Daerah Selesaikan Kebutaan (ODSK) Eye Center Manado, Selasa (15/12/2020).

Medical Asia Muslim Charity Fundation (AMCF), Yusri Wahyudi Yunus mengatakan, sebelum dilakukan penindakan operasi katarak, masyarakat harus menjalani sejumlah tes kesehatan termasuk melakukan rapid tes.

“Ada beberapa pasien hari ini sudah sangat siap melakukan operasi dan tentunya ini harapan kami untuk masyarakat Manado khususnya,” kata Yusri, Selasa (15/12/2020).

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan membantu pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid-19.

Senada dengan Yusri, Administrator Pusat Kemanusiaan AMCF Sulawesi Selatan, Khaeruddin mengaku pihaknya menjamin akan tetap memberikan pelayanan yang maskimal dan berkomitmen dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

Ia juga berharap pelaksanaan kegiatan yang sudah memasuki hari kedua tersebut dapat berjalan lancar dibandingkan hari sebelumnya.

“Kami sudah melakukan rapat evaluasi pelaksanaan operasi katarak ini, agar bisa lebih baik dari hari pertama,” ungkap Khaeruddin.

Sementara Dokter Rinna yang menangani langsung para pasien menyebut, sejauh ini tidak ada kendala yang berarti.

“Untuk hari ini kami terus mengecek dan memastikan semua akan berjalan sesuai dengan harapan,” ujar Rinna.

Sedangkan ditemui secara terpisah, salah satu pasien yang telah melakukan operasi katarak di hari pertama, Jenny Katuuk, berharap kegiatan operasi katarak yang diinisiasi oleh AMCF dapat berlanjut di Kota Manado.

Komentar