Kasus Covid-19 Meningkat, Diskes Sulsel Bantah Ruang ICU Full

Selasa, 15 Desember 2020 16:50

Ichsan Mustari

“Iye sementara penuh ini ruang ICU,” ungkap Arman Bausat saat dikonfirmasi, Selasa (15/12/2020).

Bahkan, Arman mengaku pada 3 minggu terakhir terjadi peningkatan jumlah pasien di Rumah Sakit Dadi. Kendati meningkat, ia menyebut untuk kapasitas tempat tidur di Rumah Sakit Dadi masih cukup.

“Untuk ruang isolasi pasien ada 70an dengan kapasitas tempat tidur 230, jadi betul kalau terjadi peningkatan cuma kapasitas rumah sakit kami masih cukup,” bebernya.

Sementara, Ketua Persi Cabang Sulsel, Dr dr Khalid Saleh juga menuturkan hal sama. Ia mengaku saat ini ruang ICU Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo memiliki tingkat mobilitas tinggi.

Ia menjelaskan untuk mekanisme penempatan ruangan pasien, pihaknya membagi dalam 3 tempat dengan tingkat kategori resiko penyakit yang berbeda-beda sepeti penyakit ringan, sedang hingga berat.

“Tidak boleh digabung semua pasien, jadi kami pisahkan dan kami kebanyakan mendapat rujukan dari rumah sakit lain dengan intensitas penyakit kategori berat dan yang di ICU itu didominasi dengan yang punya penyakit komorbit,” pungkas Dr dr Khalid Saleh yang juga menjabat sebagi Direktur RS Wahidin Sudirohusodo. (Anti/fajar)

Komentar