Legislator PAN Dorong Klasifikasi Iuran Sampah Berdasarkan Letak Hunian dan Tingkat Ekonomi

Selasa, 15 Desember 2020 15:05

Legislator PAN Makassar, Hasanuddin Leo

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Usulan teknis terkait pengelompokan retribusi sampah di setiap Kecamatan jadi atensi DPRD Makassar. Nantinya usulan itu rencananya masuk kedalam Ranperda.

Legislator PAN Makassar, Hasanuddin Leo menjelaskan lewat Ranperda Perubahan Peraturan Daerah (Perda) no 11 tahun 2011 tentang Retribusi Sampah, klasifikasi tersebut rencana akan dibagi berdasarkan letak hunian dan tingkat ekonomi masyarakat.

Setiap wilayah mempunyai kondisi yang berbeda-beda. Nantinya, kata Anggota DPRD Komisi B itu akan diperbaiki melalui Perda.

“Sebenarnya beda-bedanya berdasarkan kluster dan ini sebenarnya kecamatan yang multitafsir terhadap perwali itu, sehingga nanti direvisi perda itu akan lebih jelas klaster-klaster pungutan,” katanya, Selasa (15/12/2020).

Secara rinci, kata Leo, iuran sampah di lorong tentu berbeda dengan di jalan raya. Ada titik strategis yang harus dipertimbangkan pemerintah agar retribusi dapat berjalan optimal.

“Jadi sama saja misalnya kita mengajukan, membayar reklame, reklame itu ditentukan titik strategisnya, setiap titik tentu berbeda pungutannya,” terangnya.

Selain penentuan letak, pemerintah kota juga akan membedakan tingkat ekonomi dari masyarakat.

“Ada adjustment yang akan dilakukan terhadap nominal retribusi bagi masyarakat yang menghuni titik strategis namun memiliki tingkat ekonomi rendah,” imbuhnya.

“Jadi berdasarkan database nanti akan di-kluster menurut kemampuan dan mata pencaharian, nah itu akan lebih teknis lagi akan dibunyikan dalam revisi perda termasuk nominal jumlah yang harus dibayar,” sambungnya.

Komentar