Minum Susu Kunyit, Ini 7 Khasiatnya untuk Kesehatan

Selasa, 15 Desember 2020 09:10

Minuman kunyit dipercaya bisa memberikan khasiat bagi kesehatan. (Organic Facts)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Susu kunyit biasanya dibuat dengan menghangatkan susu sapi atau nabati dengan kunyit dan rempah-rempah lainnya, seperti kayu manis dan jahe.

Susu ini dipuji karena banyak manfaat kesehatannya dan sering digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk meningkatkan kekebalan dan mencegah penyakit. Resep susu kunyit sangat mudah, sehingga bisa membuat sendiri di rumah.

-120 ml susu tanpa tambahan pemanis.

  • 1 sendok teh kunyit.
  • 1 potong kecil jahe segar yang diparut atau 1/2 sendok teh bubuk jahe.
  • 1/2 sendok teh bubuk kayu manis.
  • Sejumput lada hitam.
  • 1 sendok teh madu (opsional).

Pembuatan:-Kita perlu menuangkan semua bahan ke dalam panci kecil lalu merebusnya hingga mendidih.-Setelah selesai, saring rebusan itu ke dalam gelas.-Tambahkan sedikit madu dan taburi dengan kayu manis.

Berikut beberapa manfaat kesehatan luar biasa yang bisa ditawarkan oleh susu kunyit, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Memperbaiki mood

Hasil penelitian menunjukkan orang yang minum kombinasi susu kunyit dan obat antidepresan mengalami peningkatan suasana hati yang lebih baik. Perubahan suasana hati yang lebih baik ini tentu membuat gejala depresi akan berkurang.Depresi merupakan gangguan suasana hati yang juga dikaitkan dengan rendahnya kadar BDNF.

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Studi menunjukkan curcumin bisa meningkatkan kadar brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF adalah senyawa yang berperan dalam pembentukan sel-sel baru di otak.

Komentar