Minum Susu Kunyit, Ini 7 Khasiatnya untuk Kesehatan

  • Bagikan
  1. Menyehatkan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti maag bisa menimbulkan rasa sakit pada perut bagian atas. Salah satu bahan alami yang biasanya digunakan untuk meringankan kondisi ini adalah jahe dan kunyit. Jahe mempercepat proses pengosongan lambung yang tertunda. Sementara kunyit meningkatkan produksi empedu untuk mencerna lemak lebih baik.

  1. Melawan Peradangan

Kurkumin bahan aktif utama kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang sebanding dengan obat-obatan farmasi umum. Menghambat molekul yang berperan dalam peradangan, termasuk kolagenase, fosfolipase, dan tromboksan.

  1. Menyehatkan Jantung

Menurut penelitian, kunyit, jahe, dan kayu manis bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Curcumin hadir dalam kunyit mencegah pelepasan sitokin, senyawa yang sebagian besar terkait dengan penyakit kardiovaskular. Di sisi lain, jahe dan kayu manis membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

  1. Menjaga kadar gula darah tetap stabil

Susu kunyit tanpa tambahan pemanis, yakni kunyit, jahe, dan kayu manis bisa mengurangi jumlah glukosa yang diserap di dalam usus setelah Anda makan sehingga gula darah akan lebih terkontrol.

  1. Mengurangi risiko kanker Kanker terjadi akibat adanya pertumbuhan sel-sel di sekitar jaringan tubuh yang tidak terkendali. Hingga kini, perawatan konvensional untuk menyembuhkan penyakit ini masih terus digali.

Salah satu studi menyebutkan adanya hubungan penyakit kanker dengan senyawa 6-gingerol pada jahe dan curcumin yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker menyebar ke jaringan tubuh lainnya. (genpi/jpnn/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan