PKK dan Dinas Perdagangan Sulsel Persiapkan Produk UMKM Jeneponto Tembus Ekspor

Selasa, 15 Desember 2020 10:25

Tim Penggerak PKK bersama Dinas Perdaganhan dan Dinas Perindustrian mulai menyiapkan produk UMKM menembus pasar ekspor m...

FAJAR.CO.ID, JENEPONTO — Mampu diterima pasar internasional menjadi salah satu indikator keberhasilan produk yang dihasilkan UMKM saat ini. Hal ini mengharuskan produk UMKM memiliki kualitas dan mampu membaca dinamika dan peluang pasar internasional.

Khusus di Kabupaten Jeneponto, Tim Penggerak PKK bersama Dinas Perdaganhan dan Dinas Perindustrian mulai menyiapkan produk UMKM menembus pasar ekspor melalui bimbingan teknis Bagaimana Memulai Ekspor bagi 30 UMKM di Jeneponto.

Ketua TP PKK Sulsel, Lies F Nurdin menuturkan, pemerintah terus berupaya mendorong dan menyediakan berbagai fasilitas agar pelaku UMKM mampu menghasilkan produk yang diminati pasar luar negeri.

“Jadi UMKM tidak hanya produksi, tetapi bagaimana produksinya bisa bernilai jual, memiliki mutu yang bisa diterima pasar nasional dan bahkan bisa diekspor,” jelas Lies membuka kegiatan coaching clinic yang digelar di Binamu Hotel, Kabupaten Jeneponto, Senin, 14 Desember 2020.

Salah seorang peserta, Jumiati Rahman (35) yang berhasil memproduksi abon kuda dan menjual produknya hampir ke seluruh kota besar di Indonesia bahkan menjadi barang bawaan setiap tamu luar negeri yang berkunjung ke Jeneponto. Ia menuturkan, cukup terbantu dengan berbagai inisiatif untuk mendorong usahanya mencapai pasar ekspor.

“Dorongan pemerintah kepada usaha kami sangat besar, kami diberi berbagai bimbingan teknis terkait meningkatkan nilai jual produk yang kami olah, bagaimana mengemas hingga informasi negara tujuan mana saja yang berminat dengan produk yang kami hasilkan,” tuturnya di sela kegiatan coaching clinic yang ia ikuti.

Bagikan berita ini:
6
4
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar